SOSIALISASI JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM (JDIH)

  • Admin JDIH
  • Kamis, 08/04/2021
  • Internal
  • 132 hits

Sosialisasi JDIH

Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur mengadakan Sosialisasi Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum (JDIH) di Hotel Delaga Biru Jalan Raya Cipanas Cianjur. Kamis, 08/04/2021.

Hadir Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional BPHN Drs Yasmon, M.L.S, Perwakilan Biro Hukum Dan Ham Setda Provinsi Jawa Barat,  Beni, para SKPD Terkait, serta yang lainnya.  Senin 15/03/2021.

Dalam sambutannya Bupati Cianjur yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemkesra Asep Suparman menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi/JDIH dilaksanakan berdasarkan peraturan Bupati Cianjur nomor 73 tahun 2020 tentang penjabaran APBD tahun anggaran 2021 dan keputusan kepala BPKAD nomor 900/kep. 01/BPKAD/2021 tentang pengesahan DPA perangkat daerah tahun anggran 2021.


Lanjutnya Asep menyampaikan saat ini tengah  memasuki era dimana terjadinya perubahan yang fundamental (era disrupsi). era ini ditandai dengan pesatnya kemajuan digital (era 4.0) yang mengindikasikan ada peluang yang harus direbut, bahwa perubahan yang terjadi jangan sampai melindas manusia, tetapi manusialah yang harus mampu berselancar dan memanfaatkan perubahan yang terjadi.

Terakhir dalam sambutan Bupati Cianjur,  mengajak mari kita mewujudkan visi dan misi pengelolaan JDIH kabupaten Cianjur, dengan  terus berupaya meningkatkan dan melakukan kerjasama serta kemitraan baik dengan perguruan tinggi maupun dengan badan siber / sandi  negara serta perangkat daerah terkait. Katanya.

Sementara itu, Muchsin Sidik Alfatah selaku Kabag Hukum Setda Cianjur, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi JDIH itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada anggota JDIH dalam pengelolaan dokumen dan informasi hukum serta meningkatkan koordinasi dan membangun kerja sama yang efektif antara pusat JDIH dan anggota JDIH di kabupaten Cianjur;

dalam pelaksanaan sosialisasi itu narasumber memberikan materi dan informasi adalah dari pusat dokumentasi dan inforasi hukum nasional BPHN serta dari Biro Hukum dan Ham setda provinsi jawa barat serta pengembang sistem informasi JDIH;

pengelolaan dokumen hukum yang semula terbatas hanya pada pengelolaan fisiknya saja, sejak tahun 2012 bagian hukum sudah menggunakan teknnologi informasi dengan membangun website JDIH, dan pada tahun 2017 website JDIH kabupaten Cianjur telah terintegrasi dengan website pusat jdih nasional.

Lanjutnya Muchsin menjelaskan selain produk hukum daerah yang dimuat dalam webisite tersebut, terdapat pula informasi hukum lainnya yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat secara cepat dan mudah seperti  artikel hukum, naskah akademis dan informasi gugatan perkara.

Untuk mewujudkan visi dan misi pengelolaan jdih kabupaten cianjur, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan diantaranya dengan melakukan berbagai kerjasama seperti dengan badan siber dan sandi negara, dengan universitas suryakancana serta dengan perangkat daerah terkait. dan pada tahun 2021 ini, telah dilakukan pembaharuan website untuk perubahan tampilan dan penyesuaian struktur metadata serta akan memasukan peraturan desa ke dalam website JDIH. . Kata Muchsin

Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional BPHN Drs Yasmon, M.L.S, menyampaikan bahwa JDIH di wilayah Cianjur maka hakekatnya merupakan milik kabupaten Cianjur bukan semata – mata milik bagian hokum di setda saja, karena fungsinya untuk seluruh jajaran pemerintah kabupaten Cianjur, maka harus memahami ini secara utuh.

“Kami merasa bahwa penyelengaraan kegiatan penyelenggaraan ini tepat waktu karena yang merupakan salah satu tugas atau PR kita adalah tuntaskan bagaimana kita membangun sebuah basis data dokumen – dokumen nasional dan data base”.Kata Yasmon.

Lanjutnya Yasmon mengungkapkan bahwa dokumen – dokumen nasional itu akan sempurna apabila semua anggota JDIH masuk pemerintah kabupaten Cianjur telah mengelola JDIH nya dengan baik sesuai standar yang ada. tentunya kegiatan itu akan sangat bermanfaat  bagi pemerintah kabupaten Cianjur  dan bermanfaat bagi kepentingan nasional tentunya. Kata Yasmon.  (Adm-Humas).


: tanpa label

JDIH ?

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang disingkat JDIH adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat di Pemerintah Daerah.

Statistik Pengunjung

Hari ini   :   1
Total   :   896.987
Online   :   1

Terintegrasi JDIHN

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat Anda mengenai informasi yang disampaikan dalam website ini ?

Kontak Kami

Jl. Siliwangi No.9 Kel. Pamoyanan

jdih.cianjurkab@gmail.com

Telp : (0263) 261892 CP : 085222223517