SOSIALILASI RANCANGAN PERATURAN DAERAH (RAPERDA) 2018

  • Admin
  • Selasa, 31/07/2018
  • Internal
  • 1167 hits

Sosialilasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) 2018

Bagian Hukum didampingi Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Cianjur melaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah atau (Raperda) tahun 2018 di aula Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura, Selasa (31/07/2018) yang dihadiri ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 4 narasumber yang masing-masing dari Ketua Bapemperda Kabupaten Cianjur, Akademisi Fakultas Hukum Universitas Suryakancana, dan Kanwilkunham Provinsi Jawa Barat.

Hal itu diutarakan Kepala Bagian Hukum (Kabagkum) Setda Kabupaten Cianjur, Bambang Moh disela-sela kegiatan sosialisasi tersebut, menurutnya kegiatan ini diselenggarakan dengan bertujuan untuk pengelolaan suatu wilayah dan salah satu upaya untuk memelihara dan melestarikan lingkungan yang meliputi 4 aspek yakni, Raperda tentang retribusi, rekreasi dan tempat olahraga, Raperda penanggulangan bencana, Rapperda pengelolaan dan pemanfaatan sampah, Raperda tentang pencegahan, penyalahgunaan psikotropikan dan zat adiktiv lainnya, Raperda rencana detail tata ruang dan peraturan zonasi kawasan perkotaan Cianjur. Namun dari keseluruhan total Raperda yang diajukan pihaknya masih menunggu regulasi dari atas.

“Nah itu kenapa kita ajukan lima karena yang empat lagi masih menunggu regulasi dari atas, sehingga belum bisa kami ajukan untuk pembahasan di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,red), untuk total ada sembilan, jadi yang kita ajukan hanya ada lima yang dari eksekutif sedangkan dari legislatif itu ada delapan sebagaimana keputusan DPRD kemarin, sebagaimana keputusan kemarin pada saat paripurna, ada 17 Raperda itu 9 dari eksekutif dan 8 dari legislatif,”paparnya.

Bambang Moh berharap dalam kegiatan ini semua peserta bisa menyimak materi yang disampaikan narasumber sehingga dapat diaplikasikan dan diterapkan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Harapan kami disini semoga semua peserta ini dapat menyimak apa yang disampaikan narasumber, dia berperan aktif untuk menanyakan bagaimana cara pembentukan regulasi, yang baik dan benar menurut tatanan, sehingga dapat diaplikasikan dan diterapkan di masyarakat,” tutupnya. (Fas/humas.cianjurkab.go.id)

: tanpa label

KONTAK KAMI

Bagian Hukum Setda Kabupaten Cianjur
Jl. Siliwangi No.9 Kel. Pamoyanan
EMAIL: bag.hukum@cianjur.go.id