SEJARAH JDIH

Pembaharuan terakhir 2019-03-20 10:54:59 1580 hits

SEJARAH JDIH KABUPATEN CIANJUR


Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional menggantikan Keputusan Presiden Nomor 91 Tahun 1999 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional mengamanatkan bahwa organisasi jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional adalah Pusat JDIHN dan Anggota JDIHN. Dalam Peraturan Presiden tersebut menyebutkan bahwa Biro hukum dan/atau unit kerja yang tugas dan fungsinya menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan Dokumen Hukum pada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat Provinsi dan Kabuten/Kota merupakan Anggota JDIHN.


Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden tersebut, pada tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Cianjur membentuk Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang dikelola oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah tepatnya di Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum membangun website dengan alamat
https://jdih.cianjurkab.go.id/. Bupati Cianjur menetapkan Keputusan Bupati Cianjur Nomor 188.05/Kep.235-Huk/2013 tentang Pembentukan Tim Pengelola Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten Cianjur Tahun 2013 dengan tugas dan tanggungjawab dalam pemeliharaan, update dan pembaharuan informasi serta pengembangan website JDIH, serta menyediakan data yang diperlukan dan memantau pelaksanaan update serta pembaharuan informasi dalam website JDIH.

Pada tahun 2016 terdapat perubahan susunan Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Cianjur. Bagian Hukum membawahkan Subbagian Produk Hukum Daerah; Subbagian Layanan Bantuan Hukum; dan Subbagian Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum, sehingga pengelolaan JDIH berada di bawah Subbagian Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum.

Berdasarkan ketentuan Pasal 10 (2) huruf b Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, pembangunan sistem informasi hukum berbasis teknologi informasi dan komunikasi harus diintegrasikan dengan website pusat JDIHN. Oleh karena itu di tahun 2017, website JDIH Kabupaten Cianjur telah diintegrasaikan dengan Pusat JDIHN.

JDIH ?

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang disingkat JDIH adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat di Pemerintah Daerah.

Statistik Pengunjung

Hari ini   :   1
Total   :   905.706
Online   :   1

Terintegrasi JDIHN

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat Anda mengenai informasi yang disampaikan dalam website ini ?

Kontak Kami

Jl. Siliwangi No.9 Kel. Pamoyanan

jdih.cianjurkab@gmail.com

Telp : (0263) 261892 CP : 085222223517