RAKOR SINERGITAS PERSIAPAN PENILAIAN DESA/KELURAHAN SADAR HUKUM

  • Admin
  • Selasa, 30/06/2020
  • Internal
  • 50 hits

Rakor Sinergitas

Dalam sambutannya Bupati Cianjur yang dibacakan oleh Asisten Daerah I Bagian pemerintahan Setda Cianjur, Asep Suparman menyampaikan bahwa peran kepala desa sangat penting bagi tercapainya kesadaran hukum di masyarakat, tegaknya hukum di tengah – tengah masyarakat akan bisa menciptakan suasana aman, nyaman serta kondusif, dengan suasana itu segala aspek kehidupan akan dapat tercapai dengan mudah sesuai yang diharapkan. Diharapkan pula kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk aparatur Negara hingga akan bisa diaplikasikan dengan baik di masyarakat.

 Sementara itu Kepala Bagian Hukum selaku ketua panitia pelaksana Mucsin Sidiq Elfatah melaporkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan informasi hukum terutama mengenai persiapan penjaringan, pembinaan, serta penilaian pada seleksi desa/kelurahan sadar hukum provinsi jawa barat tahun 2020.

Di tahap awal pertama pelaksanaan  kegiatan proses penjaringan, pembinaan serta penilaian pada seleksi perlombaan desa/ kelurahan sadar hukum provinsi jawa barat tahun 2020 kepada para peserta calon desa/kelurahan. Dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada hari selasa, 30 juni 2020, Peserta terdiri dari 50 peserta yang terdiri dari 49 desa dan 1 kelurahan, narasumber dalam penyuluhan hukum terdiri dari : Unsur Biro Hukum dan Ham Setda Jabar, Kanwil Hukum dan Ham Jabar dan Bagian Hukum Setda Cianjur.

Kasubag Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum Biro Hukum & Ham Provinsi Jawa Barat Aam menyampaikan bahwa sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran hukum demi terwujudnya  budaya hukum dimasyarakat, sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat dan warga Negara, dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh, dan taat terhadap hukum serta menghormati HAM.

Pengusulan sebuah desa/kelurahan menjadi desa sadar hukum dilakukan setelah desa/kelurahan tersebut dinilai berdasarkan Indeks Desa/Kelurahan Sadar Hukum, pengumpulan data dapat dilakukan dengan 3 (tiga) alternatif cara yaitu: 1. Pengumpulan data/nilai secara manual non elektronik. 2. Pengumpulan data/nilai menggunakan formulir di website atau email. 3. Pengumpulan data/nilai menggunakan jalur surveyor. Tahapan proses pengusulan dalam mekanisme penilaian pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan dilakukan melalui formulir elektronik dengan nama  E-Darkum (Elektronik- Desa/Kel Sadar Hukum)

Salah satu peserta kegiatan, Ahmad Dzalil Kades Talagasari Kecamatan Kadupandak mengungkapkan pihaknya merasa senang bisa masuk pencalonan peserta lomba desa sadar hukum ini, “ Terus terang saya merasa bersyukur bisa menjadi salah satu peserta dalam lomba desa sadar hukum ini, bukan karena menjadi juaranya,  saya fikir banyak pengalaman baru yang saya dapatkan, tentunya harapannya mudah – mudahan dengan ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan ini akan bisa menjadi bekal/bisa mengamalkannya di wilayah kami, hingga benar – benar  terasa manfaatnya di lingkungan kami” Ungkapnya. ( Adm Humas)

: tanpa label

KOMENTAR

KONTAK KAMI

Bagian Hukum Setda Kabupaten Cianjur
Jl. Siliwangi No.9 Kel. Pamoyanan
EMAIL: jdih.cianjurkab@gmail.com